Untuk sekedar memahami sebuah bacaan baik itu berupa bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris tentu saja membutuhkan tehniknya.

Bukan sekedar membaca saja tetapi bagaimana kita dapat memahami apa yang tersirat didalam sebuah tulisan. Memahami tulisan bahasa Indonesia aja terkadang sulit apalagi untuk tulisan bahasa Inggris yah.

Nah untuk itu kita perlu memahami dan belajar materi reading bahasa Inggris apabila Anda memang memiliki hobby belajar bahasa Inggris.

Tentu saja di awal akan banyak mengalami masalah dalam membaca dan memahami teks bahasa inggris. Tetapi kalau kita telah mampu mengatasinya kita akan menemukan Kunci utama untuk mengatasinya.

Apa kunci belajar materi bahasa Inggris reading yaitu teruslah berlatih. Mungkin Anda akan  bertanya, bagaimana cara berlatih yang bagus.

Yuk Kita Belajar Materi Reading Bahasa Inggris

Dalam artikel ini akan kami coba bahas beberapa tips belajar bahasa Inggris reading untuk pemula, apa aja seh tips nya:

1. Satu hal kegiatan yang wajib adalah membaca jadi siapkan dan atur waktu untuk membaca setiap hari

Di awal mungkin kita akan mengatasi kendala untuk dapat mengatur aktivitas membaca materi bahasa Inggris.

Disinilah kita harus fokus untuk mengatur waktu untuk membaca setiap hari, karena dengan secara teratur akan bisa meningkatkan kemampuan membaca. Tidak hanya sekedar membaca loh kita juga akan dengan mudah memahami teks bahasa inggris.

Coba deh kalau kita atur waktu kita dengan minimal 15 menit untuk membaca misalnya sebelum tidur.

2. Ingat carilah materi Buku atau Bacaan yang bersifat umum yang menarik

Untuk awal jangan mempelajari materi bahasa Inggris yang berat seperti karya sastra karena ini malah menjadi beban Anda dalam memahaminya.

Carilah materi umum dimulai dengan membaca koran atau berita berita mancanegara dalam bahasa Inggris. Setelah itu baru Anda bisa mulai dengan bacaan-bacaan lainnya seperti buku cerita atau novel.

3. Mulai untuk mengecek seberapa cepat Anda membaca

Salah satu indikator kita dalam membaca materi bahasa Inggris adalah dengan mengukurnya.

Kemampuan membaca bahasa inggris dengan cepat harus dapat diukur seberapa cepat kita membaca. Dengan kita mengetahui kecepatan membaca kita sudah bagus adalah dengan adanya peningkatan setelah berlatih.

Salah satu cara untuk mengetahuinya dengan membaca setiap 5-10 menit kemudian berhenti dan hitung berapa halaman buku yang sudah dibaca.

Kecepatan membaca materi bahasa Inggris di hitung dalam Berapa Banyak Kata/Menit dalam membaca.

4. Ingat tidak hanya membaca tetapi juga coba lah untuk mengecek pemahaman dalam membaca

Bisa baca cepat materi bahasa Inggris tapi tidak memahami materinya tidak ada artinya jika tidak memahami apa yang kita baca.

Jika ingin berlatih memahami teks bahasa inggris sekaligus berlatih kecepatan membaca, ketika membaca berhentilah setiap Bab. Setelah itu coba lah untuk memahami apa yang telah kita baca baik dengan menulis atau setidaknya menulis point point materinya.

5. Berlatihlah Membaca Materi Bahasa Inggris Secepat Kilat

Nah ini lah tantangan ketika kita berlatih membaca materi bahasa Inggris yaitu mencoba membaca dengan secepat kilat.

Kita hanya perlu membacanya saja tanpa harus memahai apa yang kita baca.

Setelah selesai kembali lah membaca kecepatan normal yang kamu rasakan, kecepatan dimana kamu bisa memahami isi teks bacaan. Jika berlatih membaca secepat kilat ini, kecepatan membaca bisa meningkat 50-100 kata/menit. 

 

Jadi pada dasarnya ketika kita belajar bahasa Inggris materi reading diperlukan banyak latihan dan proses memahami materi bahasa Inggris. Ketekunan kita dalam belajar materi bahasa Inggris diperlukan karena untuk membangun sebuah rumah pun dibutuhkan pondasi yang kuat.

Seperti itulah kita dalam belajar materi bahasa Inggris materi reading pondasinya adalah belajar, berlatih dan tekun.

Untuk mencoba cara belajar reading secara online bersama Jireh English ayo Klik >> Cara Belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *