Cara Belajar Materi Bahasa Inggris Vocabulary Yang MenyenangkanBanyak yang mengalami pastinya telah belajar bahasa Inggris sudah lama, tetapi Anda merasa belum ada perubahan yang berarti.

Bahkan mungkin sebagian kawan merasa frustasi dengan hal tersebut apakah ada yang salah dengan pola belajarnya atau ada sisi yang lain.

Beberapa diantara kalian malah merasa bingung bagaimana harus memulai ketika Anda ingin belajar bahasa Inggris dengan cepat.

Banyak orang yang berusaha untuk dapat menguasai materi bahasa inggris vocabulary tetapi masih susah untuk menambah kosa katanya. Memang untuk menguasai banyak vocabulary bahasa Inggris butuh waktu dan proses.

Seperti kita ketahui dalam mempelajari sebuah bahasa, mempelajari kosa kata atau vocabulary adalah hal yang wajib.

Untuk dapat menguasai banyak vocabulary membutuhkan beberapa cara, dalam artikel ini kami mencoba merangkum ke dalam adalah enam cara membantu untuk meningkatkan vocabulary Bahasa Inggris kamu.

Cara Pertama Perbanyak Membaca Materi Bahasa Inggris

Aktivitas yang satu ini menghadapkan kamu pada banyak vocabulary yang ada di sebuah tulisan. Ini tandanya mau tidak mau kamu pasti akan mengenal banyak vocabulary.

Nah, Bisa dicek deh disana , mana yang sudah kamu kuasai dan mana yang belum. Kalau Belum Bagaimana ? Cari tahu langsung artinya di internet atau di kamus bahasa inggris.

Cobalah Untuk Membaca Buku Bacaan Atau cerita Yang berbahasa Inggris dan cari kata yang belum kamu ketahui .

Curiosity alias rasa ingin tahu sangat penting dalam menghafal vocabulary. Rasa ingin tahu yang besar membuat keinginan Anda untuk belajar dan mencari tahu apa yang Anda ingin ketahui juga semakin gencar.

Awali dengan membaca berbagai jenis bacaan dalam bahasa Inggris, stabilo atau underline kata-kata yang asing di telinga Anda, kemudian cari tahu artinya.

Cara Belajar Materi Bahasa Inggris Vocabulary Yang Menyenangkan

Cara Kedua Memahami Kata Dasar Bahasa Inggris

Kata dasar adalah sebuah kata yang belum mendapatkan imbuhan apapun. Coba identifikasi kata dasar yang kamu belum pahami.

Ini akan sangat memudahkan kamu dalam memahami makna dari kata tersebut. Lalu bagaimana dengan kata yang ber-imbuhan?

Coba pelajari makna dari imbuhan yang melekat pada kata dasar tersebut. Makna dari Imbuhan ini akan hampir sama ketika ia melekat pada kata dasar apapun. Jadi , dengan cara ini kamu akan terbantu untuk penguasaan vocabulary.

Kamu bisa meningkatkan penguasaan vocabulary dengan cara menghafal dan memahami secara rutin. Cari vocabulary yang belum kamu ketahui lalu gunakan Kamus Bahasa Inggris Untuk Mencari Apa arti dan Makna Kata tersebut.

Kamus memberikan Anda cara yang benar untuk mengucapkan sebuah kata atau frasa dalam bahasa Inggris.

Bisa dalam bentuk tulisan, atau juga diucapkan langsung oleh native speaker.

Kamus yang memiliki fitur ini sangat mempermudah Anda dalam belajar. Ucapkan sebuah kata dengan benar dan pahami artinya. Lakukan terus berulang-ulang.

Mendengarkan Berbagai Materi Yang Berbahasa Inggris

Pastinya Kamu Pernah Mendengarkan Musik Berbahasa Inggris Kan ? tapi Belum tau apa arti dari kata yang dinyanyikan oleh penyanyi nya ? Nah disini Kamu diuji Untuk Aspek Pendengaran , kamu harus tau kata yang diucapkan oleh penyanyi.

Jika kamu belum mengetahuinya kamu bisa cari lirik nya di internet dan coba untuk mencari kata kata yang susah kamu pahami. Setelah kamu tahu artinya, Coba untuk menyanyikannya.

Pasti deh kamu akan cepat paham karena kamu sudah terbiasa dengan kata kata tersebut.

Kalau Anda sudah mengetahui arti sebuah kata yang Anda anggap sulit, sudah menulis di buku catatan juga, nah… gunakan kata tersebut untuk membuat sebuah kalimat.

Kalimat paling simple saja, yang biasa digunakan untuk percakapan sehari-hari. Langkah selanjutnya kalimat tersebut bisa Anda praktekan sambil bicara, biasanya sih lebih lekat di kepala dan bisa hafal tanpa harus melatihnya.

Explore terus pembendaharaan kata Anda dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, menonton film tanpa subtitle, atau menonton siaran luar negeri. Vocabulary tentu akan terus bertambah karena Anda pasti akan berusaha mencari arti dari lirik yang didapat.

Biasanya bahasa Inggris itu sangat fleksibel, terutama jika Anda suka menonton film. Satu arti bahasa Indonesia bisa diungkapkan dalam berbagai kata dalam bahasa Inggris, contohnya:

Bagaimana cara Anda belajar kata-kata tersebut? Kata kunci yang saya garis bawahi adalah kenali kata dasar dari frasa yang Anda temukan.

Catat sebanyak-banyaknya hal yang bisa Anda kaitkan dengan kata dasar tersebut.

Bermain Word Card

Siapkan kertas kecil berukuran 3 X 5 cm yang akan kamu gunakan untuk menulis vocabulary Bahasa Inggris yang menurut kamu sulit.

Baca buku, artikel atau bentuk tulisan apapun. Kalau Anda menemukan kata sulit, tulis di kertas tersebut.

Buka kamus dan cari tahu artinya. Lalu tuliskan disebaliknya. Baca berulang-ulang supaya kamu memahami dan mengingat vocabulary tersebut.

Ucapkan dengan Pronunciation Yang Benar

Vocabulary itu selain dibaca dan ditulis, juga harus diucapkan dan didengarkan.

Pronunciation yang tepat dibutuhkan untuk membantu kamu benar-benar menguasai vocabulary tersebut.

Tidak hanya tahu bagaimana tulisannya tapi juga tahu bagaimana pelafalannya. Kamu bisa mengecek di kamus.

Disana ada cara pelafalan tiap vocabulary yang bisa kamu pelajari atau dengarkan dari berbagai macam media.

Memang pengucapan adalah salah satu kendala untuk belajar vocabulary, tapi Pronunciation merupakan hal yang sangat penting. Jadi Kamu harus tetap Berlatih Secara rutin agar Pengucapan vocabulary menjadi sempurna.

Praktekkan Vocabulary Baru

Setelah kamu mendapatkan banyak vocabulary baru, kamu harus terus mempraktekannya dalam berbagai cara.

Bagaimana cara tersebut? Kamu bisa menggunakan empat aspek dalam bahasa yaitu listening, reading, writing dan speaking. Dengarkan berbagai media yang mengandung vocabulary tersebut.

Baca tulisan yang berisi vocabulary tersebut. Tulis berbagai kalimat dan artikel yang menggunakan vocabulary tersebut.

Bacakan sebuah cerita yang memaksimalkan penggunaan vocabulary tersebut dan coba untuk menonton film berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle untuk mempraktekan vocabulary kamu, jika ada yang belum kamu ketahui segera cari arti dan maknanya.

Manfaatkan Teknologi dan Fasilitas Belajar Bahasa Inggris

Gunakan smartphone atau tablet Anda sebagai media belajar. Simple kan, dibawa kemana-mana, ketemu kata baru tinggal catat, mau baca berita bahasa Inggris terbaru bisa browsing.

Belum tahu artinya apa? Ada banyak aplikasi kamus yang bisa diunduh untuk smartphone Anda. Aplikasi untuk belajar bahasa Inggris juga ada.

Buatlah kalimat baru setiap hari dengan kata-kata baru yang Anda jumpai, dan tulis progress Anda di sebuah aplikasi semacam diary.

Buat Komitmen Untuk Terus Belajar Bahasa Inggris

Strategi sudah disusun. Hal terakhir yang paling penting adalah bagaimana Anda bisa berkomitmen dengan apa yang Anda akan lakukan.

Lakukan kebiasaan ini paling tidak dua kali setiap hari karena jika Anda memberi rentang waktu terlalu lama, Anda akan lupa hal-hal yang sebelumnya sudah pernah Anda catat. 

Kalau Anda ingin lebih mahir kami sarankan minimal Anda sisihkan waktu Anda selama 30 menit sehari untuk mendalami materi belajar bahasa Inggris.

Agar tidak bosan usahakan membuat variasi dalam belajar bahasa Inggris, jangan itu itu saja.

Selain itu susun materi tidak hanya sebatas bacaan, menonton film tanpa subtittle Indonesia bisa jadi sebuah solusi untuk Anda belajar Bahasa Inggris.

Untuk vocabulary (kosa kata) sudah ada kami sediakan didalam member area Jireh English, tinggal di download atau di print saja.
Ayo belajar bersama Jireh English dan daftarkan di >> DAFTAR SEKARANG

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *